Alasan Para Selebriti Memulai Karier di Dunia Youtube

Alasan Para Selebriti Memulai Karier di Dunia Youtube

Tidak sedikit sekarang para selebriti atau artis Indonesia yang memulai karier mereka dengan memasuki dunia youtube. Yang biasanya keseharian mereka di dunia televisi, kini sekarang dapat kita jumpai dalam layar ponsel atau layar laptop di mana hadir berbagai konten yang mereka buat pada platform youtube. Jumlah subscribers channel youtube mereka pun beragam.

Dalam dunia youtube yang penting adalah saat mengunggah video dapat ditonton hingga jutaan kali viewers. Menjadi youtuber dapat menciptakan pengekspresian dan sarana baru untuk lebih mendekatkan diri kepada para penggemar serta faktor finansial. Salah satunya bisa kita lihat artis Tanah Air yang sukses di dunia YouTube yaitu Baim Wong. Berdasarkan data Social Blade, Baim Wong kisaran memperoleh pendapatan kurang lebih sebesar Rp 830,20 juta hingga Rp 13,29 miliar dalam sebulan.

Pemerhati Komunikasi Budaya dan Komunikasi Digital dari Universitas Indonesia (UI), yaitu Dr Firman Kurniawan mengatakan, beralihnya para artis menjadi YouTuber dinilai sebagai pemanfaatan medium yang lebih luas.

“Yang tampak sebagai beralih, termasuk fenomena, beralih jadi YouTuber oleh para artis, sesungguhnya adalah pemanfaatan medium yang lebih luas saja, dibanding saat sebelum banyak medium berekspresi, dan masih bersifat analog,” ucap Dr Firman kepada Kompas.com, pada Selasa (23/6/2020).

Sifat analog yang dimaksud ini merupakan medium lama yang tidak berbasis internet. Di mana seperti dulunya para artis tampil dalam medium konser di hadapan penonton atau di televisi dan diberi pilihan berekspresinya yang terbatas. Jika dibandingkan seperti dahulu, saat ini medium digital telah berkembang menjadi berbagai macam, termasuk dunia YouTube.

Kondisi ini dapat menjadi sebuah kesempatan bagi para artis untuk menggunakan medium digital, di mana mereka juga memiliki akun Instagram, Twitter, YouTube dan lainnya.

“Era ini merupakan content is the king, sehingga aneka kemampuan membangun konten oleh para artis dilakukan,” ucap Dr Firman.

Para artis juga telah unggul memiliki basis penggemar dan memiliki positioning tertentu di hadapan para penggemar, sehingga yang dilakukan hanya upaya mewujudkan berbagai kemampuannya melalui konten dengan memanfaatkan medium yang ada.

“Yang jelas, yang bisa jadi latar belakang artis yang juga YouTuber, dengan diproduksi dan dididtribusikannya aneka konten itu, kedekatan dengan penggemar makin terpelihara,” ucap Firman menjelaskan.

“Para penggemar dapat melihat aneka kehidupan artis pujaannya. Kemampuan inti para artis tetap tersimpan di memori para penggemar seraya relasi terpelihara,” ucap lanjutnya.

Tetapi banyak juga para artis yang sudah mengalami kebebasan finansial sehingga uang bukanlah motif utamanya, tujuan utama adalah memproduksi serta mendistribusikan konten dan mengoptimalkan membangun hubungan dan memperlihatkan kehidupan yang lain, tanpa tendensi diraihnya uang. “Ini motif pribadi masing masing artis. Bisa jadi tertarik karena memang dapat digunakan sebagai ladang penghasilan baru” ucapnya.

“Namun banyak juga artis yang sudah mengalami kebebasan finansial, sehingga diperolehnya uang tidak jadi motif,” ucap lanjutnya.

Sementara itu, eksistensi para selebriti youtuber ini di platform YouTube terus mengalami pertambahan konten meski di tengah pandemi corona sekalipun.

Dr Firman juga mengungkapkan, pandemi ini memberi tantangan untuk memunculkan kreativitas baru, menciptakan konten untuk memelihara relasi dengan para penggemar.

Dengan platform dunia YouTube, mereka dapat dengan bebas memperlihatkan sisi kesehariannya melalui dunia YouTube dan lainnya, menjawab komentar, dan memproduksi konten sesuai permintaan penggemar.

Meski begitu, Dr Firman juga menganalisis, setelah wabah virus corona ini berlalu, para artis akan tetap masih melakukan kebiasaan youtuber ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *