Cara Mengetahui Gaji Youtuber

Biasanya kita penasaran, sebenarnya berapa penghasilan dari para Youtubers. Mereka terkesan selalu hidup mewah dan serba berkecukupan. Padahal yang kita lihat, terkadang mereka hanya merekam kegiatan sehari – hari yang tampak menyenangkan. Banyak yang mengatakan jika Subcribers akun sudah banyak, maka pundi – pundi uang akan terus mengalir dengan mudahnya.

Itu di rasa sudah bukan menjadi hal yang asing lagi kalau kreator video membuat uang dengan mengunggah video di Youtube. Tetapi sebenarnya, berapa ya penghasilan dari para Youtuber itu?

Sebelumnya, yuk kita lihat ada apa saja sumber penghasilan Youtuber yang paling umum.

  • Youtube Adsense/ Iklan di Youtube
  • Affliate Marketing
  • Endorsement
  • Berjualan

Lalu bagaimana cara mengetahui adsense Youtube? Nah, terdapat beberapa situs web yang dapat membantu kita untuk mengetahui informasi dari sebuah channer Youtube secara lengkap sampai ke berapa perngasilannya.

Ini adalah cara untuk mengetahui gaji dari Youtuber melalui Adsesense.

  • Buka situs web Socialblade.com
  • Pada kolom pencarian di bagian pojok kanan atas, ketik nama channel Youtube yang ingin diketahui.
  • Kemudian klik pada channel youtube yang Anda inginkan.
  • Di sana akan ada semua informasi mengenai channel Youtube tersebut.

Informasi berupa subscriber, perkembangannya, sampai ke penghasilan bisa dilihat dari web tersebut. Ada juga kolom yang bertuliskan Estimated Monthly Earnings yang artisnya beri estimasi penghasilan perbulan. Ada juga yang pertahun, yaitu Estimated Yearly Earnings.

Yang perlu diperhatikan adalah situs Socialblade.com ini memang akan memberikan beragam informasi mengenai channel Youtube tersebut, namun informasi mengenai penghasilan adsense hanya sebuah perkiraan.

Lalu bagaimana cara menghitung gaji adsense para Youtuber?

Youtube Ads memiliki 2 patokan yang dapat digunakan, yaitu menetapkan gaji adsens. Patokan itu adalah Cost per Mile (CPM) dan CPC (Cost Per Kick). CPM sendiri merupakan penghasilan yang didapatkan setiap 1000 penayangan iklan yang muncul pada video. Sedangkan CPC merupakan jumlah yang didapatkan saat ada yang klik iklan di video.

Jika Anda seorang Youtuber namun belum bisa mendapatkan adsense, itu tandanya Anda harus bekerja lebih keras. Karena ada jumlah minimal subscribers untuk dapat menggunakan fitur adsense di video channel Anda.

Tapi selain Adsense, ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan agar bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Penghasilan Selain Adsense Youtuber

1.Affliate Marketing

Affliate marketing merupakan sistem bisnis dengan cara memasarkan produk saat Youtuber berhasil menjual produk dari perusahaan yang memiliki produk itu. Nantinya perusahaan akan memberikan sejumlah uang pada sang Youtuber.

Sistem ih biasanya harus melalui kesepakatan dari kedua belah pihak sehingga bisa menyetujui penghasilan yang nantinya akan di dapatkan. Pihak dari Youtuber akan memberikan kode agar mempermudah pemilik produk melacak berapa produk yang berhasil ia jual

2.Endorsement

Mungkin selain iklan dari pihak Youtube, Anda juga sering melihat adanya iklan yang dilakukan oleh Youtubersnya sendiri. Ini adalah produk yang pemilik produk minta iklankan pada sang Youtubers. Namun biasanya endorsement hanya datang pada mereka yang memiliki banyak Subscribers. Tujuan dari Endorsement ini bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, namun biasanya para penjual mengharapkan agar produk mereka dapat dikenal lebih luas lagi.

3.Berjualan

Terakhir adalah sang Youtuber yang berjualan. Jika Youtuber merupakan Youtuber dengan Subscribers yang banyak, mereka biasanya akan memulai untuk menjalankan bisnis. Kalau sang subscribers merupakan penggemar berat, ia tidak akan sungkan membeli apa yang ditawarkan oleh sang Youtubers.

Itulah beberapa hal mengenai penghasilan Youtubers, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *